PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SD QUR’AN BAHRUSYSYIFA’ KEBONAGUNG KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN LUMAJANG

Authors

  • Ahmad Yusthru Daswara Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Lumajang
  • Habibatur Rohmah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Lumajang
  • Imam Syaifudin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Lumajang

Keywords:

orang tua , peningkatan, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti mengenai adanya perbedaan hasil belajar peserta didik dan kaitanya dengan pengaruh peran orang tua Di SD Qur’an Bahrusysyifa’ Kebonagung Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. Bedasarkan latar belakang diatas maka masalah pembahasan yang dapat diambil adalah : 1) Adakah pengaruh peran orang tua terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di SD Qur’an Bahrusysyifa’ Kebonagung Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. ? 2) Seberapa besar pengaruh peran orang tua Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di SD Qur’an Bahrusysyifa’ Kebonagung Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023.? Tujuan dari penelitian ini adalah :1) Untuk mengetahui pengaruh peran orang tua Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di SD Qur’an Bahrusysyifa’ Kebonagung Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Untuk Mendeskripsikan Besar Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di SD Qur’an Bahrusysyifa Kebunagong Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. Meteode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif , denang menggunakan teknik pengumpulan data observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Setelah menyebar kuesioner kepada responden dari populasi siswa SD QUBA sebanyak 163 siswa diperoleh sampel sebanyak 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan :1) Peran Orang Tua sangat berpengaruh Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di SD Qur’an Bahrusysyifa Kebunagong Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan rumus Chi Square statistik dengan variabel X 27,8 dan variabel Y 28,4 hasilnya adalah 8,323. Apabila dikonsultasikan dengan drajat kebebasan (df = 1) taraf signifikan 5% yaitu 3,84 < 8,323 maka dalam hal ini hasilnya signifikan. Hipotesis nol (Ho) di tolak Hipotesis kerja (Ha) diterima. 2) besar pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di SD Qur’an Bahrusysyifa Kebunagong Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. Dapat di buktikan berdasarkan berdasarkan pembuktian menggunakan rumus Koefisien Kontingensi (KK) hasilnya adalah 0,493. Sehingga jika di konsultasikan pada tabel Koefisien Kontingensi (KK) maka berkisar antara (0,400- 0,600) dengan interpretasi pengaruhnya adalah cukup

References

Abdulah , Nashih Ulwan . 1999. Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta Puntra Amani.

Ahmad, Tanzeh . 2009 Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta . Teras.

Ahmadi , Abu . 2013. Psikologi Belajar Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta . Rineka Cipta .

Al-Rasyidin Dan Samsul Nizar. 2005. Filsafat Pendidikan Islam, Cet II. Jakarta. Ciputat Press,

Arifin H.M. 1987. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama Di Lingkungan Sekolah Dan Keluarga . Jakarta. Bulan Bintang. 1987.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Arsip Data Kepegawaian Guru SD Qur’an Bahrusysyifa’ Lumajang Tahun 2022/2023

Asep Herry, Hermawan. 2011. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka Zuhairini Buku Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam.

Bahri, Djamarah Syaiful Dan Aswan, Zain. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Daradjat, Zakiah. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Darajat, Zakiah. 1995. Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta Bumi Aksara.

Data Arsip Administrasi SD Qur’an Bahrusysyifa’ Lumajang Tahun 2022/2023

Data Jumlah Siswa Kelas 1-6 SD Qur’an Bahrusysyifa’

Lumajang Tahun 2022/2023

Data Waka Kurikulum SD Qur’an Bahrusysyifa’ Lumajang Tahun 2022/2023 Jadwal Pelaajaran

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 1990 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Dindin, Jamaludin. 2013. Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam. Bandung. CV Pustaka Setia.

Friedman. M.M . 1998. Keperawatan Keluarga Dan Praktek. Jakarta. Buku Kedokteran EGC.

Gunarsa, 1976. Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta. PT. BPK Gunung Mulia

Haitami, Moh Salim Dan Syamsul,Kurniawan. 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta. Ar-Ruzz.

Haitami, Salim Moh Dan Syamsul Kurniawan. 2016. Studi Ilmu Pendidikan Islam Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Hasanuddin A.H., 1984. Cakrawala Kuliah Agama, Al-Ikhlas, Surabaya, 1984,

Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan Vol.7 (1).(2011), Surabaya. Al-Ikhlas Surabaya.

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2017. Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Yang Menyenangkan Melalui Saintifik. D.I. Yogyakarta

Kurniawan , Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung . Alfabeta.

Martono,Nanang. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada.

Mohammad, Ali Dan Mohammad, Asrori, 2009. Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta. Bumi Aksara.

Moleong, L. J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja. Rosdakarya.

Muhamad Dan Djubaedillah. R. 1993. Hak Milik Intelektual. Bandung. PT. Citra Aditya Bakti.

Munir Muhammad Mursy, 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta. Kalam Mulia.

Narimawati Umi. 2010. Metodologi Penelitian: Dasar Penyusun Penelitian Ekonomi. Jakarta. Genesis.

Nasution, Thamrin Dan Nurhalijah Nasution. 1986. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Jakarta.Yayasan Kanisius.

Nuruni Dan Kustini, Experiental Marketing, Emotional Branding, And Brand.

Purwanto Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakary.

Suparlan, M. Ed. 2006. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta Hikayat Publising.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Sistem Pendidkan Nasional,

Usman, H. & R. Purnomo Setiady Akbar. 2000. Pengantar Statistika. Malang Bumi Aksara.

Wahidmurni, Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,

Published

2023-12-27