Peran Guru pesantren Dalam Menanamkan Karakter Santriwati (Dipondok Pesantren Darul Muhajirin, Desa Wonokerto, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Luamajang)

Authors

  • Imam Syaifudin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Lumajang
  • Ummu Rofifa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Lumajang
  • Syovinatus Sholicha Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Lumajang

Keywords:

Peran Guru pesantren, Karakter Santriwati

Abstract

Pondok pesantren tidak hanya sebagai tempat belajar melainkan merupakan proses hidup itu sendiri, pembentukan karakter, dan watak .Pondok pesantren tidak hanya berfungsi sebagai lembaga yang mencetak pemimpin keagamaan saja akan tetapi mencetak pemimpin bangsa yang sholih, menjadi santri yang berkarakter profesional yaitu santri mempunyai kompetensi dibidang ilmu pengetahuan, agama dan tekonologi.Rumusan masalah yaitu : (1) bagaimana peran Guru pesantren dalam menanamkan karakter santriwati dipondok pesantren Darul Muhajrin (2) bagaimana metode Guru pesantren dalam menanamkan karakter santriwati dipondok pesantren darul Muhajirim (3) apa saja Faktor penghambat dan pendukung peran guru pesantren dalam menanamkan karakter santriwati dipondok pesantren darul muhajirin. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui bagaimana peran guru pesantren dalam menanamkan karakter di pondok pesantren Darul Muahajirin (2) menjabarkan metode guru pesantren dalam menanamkan karakter santriwati dipondok pesantren darul muhajirin (3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan karakter santri di pondok pesantren Darul Muhajirin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran guru pesantren dalam menanamkan karakter santriwati yaitu sebagai : guru menjadi seorang pengajar, pemimpin dan motivator, (2)metode atau starategi yang digunakan guru pesantren meliputi :
(a) pendidikan diluar kelas dengan memberi tauladan yang baik (b) pendidikan didalam kelas dengan pembelajaran (c) penerapan panca jiwa pondok (3) faktor pendukung guru pesantren dalam menanamkan karakter santriwati di antaranya: peran aktif seorang guru, sarana prasana, metode bercerita, extrakurikuler, dan organisasi. Faktor pemhambat peran guru pesantren dalam menanamkan karakter santriwati di antaranya : faktor kesadaran diri santriwati dan faktor lingkungan asrama.

References

Asiah, Nur, 2021, Peran guru dalam pembentukan karakter siswa, Jurnal ilmiah profesi pendidikan volume 6, No 2

Hamida, itsna melania, 2023, Peran guru pendidikan agama islam dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik, UIN malang

Hasanah, Hayim, 2016, Teknik – teknik observasi, Jurnal At – taqaddum, volume 8, nomor 1

Kementerian Pendidikan Nasional (2010:4), Nur aini dwi Lestari,, 2020, Peran guru pendidik dalam menanamkan nilai karakter siswa IAIN metro.

Lestari ,Nur ainidwi ,(2020)Peran guru pendidik dalam menanamkan nilai karakter siswa, IAIN Metro

Lisda Nurul Romdoni, Elly Malihah 2020“Membangun Pendidikan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren, UPI

Malihah, Elly, 2020, Membangun pendidikan karakter santri melalui panca jiwa pondok,Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-ThariqahVol. 5, No. 2

Majid, Abdul dan Dian Handayani,2013, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung, PT Remaja Rosdakarya Offset,)

Moleong, lexy j, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif (bandung, PT Remaja Rosdakarya)

Munawir (2022). Tugas, Fungsi Dan Peran Guru Profesional, Jurnal ilmiah profesi pendidikan Volume , 7 Nomor. 1

Nilamsari, Natalina ,2014, Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif, Jurnal ilmiah ilmu komunikasi (wacana Volume XIII No.2)

Narwati, Sri, 2011, Pendidikan Karakter, (Yogjakarta:Familia,)

Rijali, Ahmad, 2018,Analisisdata kualitatif, Jurnal alhadharah vol, 17 No. 33 Juni

Sanjani, Maulana Akbar, 2020, Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar, Jurnal serunai ilmu pendidikan vol. 6 No.1

Umar,Bukhari, 2011, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Amzah,)

Umar Tirtarahardja, Lasula, 2001, Pengantar Pendidikan, (Jakarta Rireka Cipta)

Widya, Adi, 2019, Fungsi dan tujuan pendidikan, (Jurnal pendidikan dasar, volume , 4 no 1)

Published

2023-12-27