Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan di CV. Grand Grafika

Penulis

  • EVELLIN KUSIDY POLITEKNIK CENDANA
  • YULIANA YULIANA POLITEKNIK CENDANA
  • WENY WENY POLITEKNIK CENDANA

Kata Kunci:

Kualitas Layanan, Loyalitas Pelanggan, Pembelian Ulang, Pelayanan, Kepuasan

Abstrak

Loyalitas pelanggan adalah komitmen seseorang untuk membeli kembali atau berlangganan barang atau jasa di kemudian hari meskipun terdapat ajakan atau iklan dari produk barang dan jasa pihak lain yang serupa. Kesetiaan tidak terbentuk dalam waktu yang singkat namun melalui proses belajar dan berdasarkan hasil pengalaman dari pelanggan itu sendiri selama melakukan pembelian. Bila yang didapat sudah sesuai dengan harapan yang telah diharapkan, maka proses pembelian akan terus berulang. Loyalitas dapat diartikan sebagai sikap pelanggan terhadap suatu produk atau merek yang diwujudkan dengan membeli terus menerus produk yang sama sepanjang waktu yang merupakan hasil dari pembelajaran dimana jasa dapat memuaskan kebutuhannya dan memenuhi ekspetasi yang telah diharapkan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisa kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan di CV. Grand Grafika. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dengan membagikan kuesioner kepada objek penelitian yang merupakan pelanggan di CV. Grand Grafika berjumlah 87 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kualitas layanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan di CV. Grand Grafika.

Referensi

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press.

Agus. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Mandiri Tbk Cabang Pinrang.

Agus, I. K., & Putra, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada CV . Jaya Utama Teknik di Kabupaten Badung. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1279–1291.

Akbar, A., Lusiah, & Noviantoro, D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online. Jurnal Ekonomi, 24(2), 213. https://doi.org/10.24912/je.v24i2.574

Budianto, A. (2019). Customer Loyalty: Quality of Service. Journal of Management Review, 3(1), 299. https://doi.org/10.25157/jmr.v3i1.1808

Fahmi, A. S. R., & Hilal, F. N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Yogyakarta. Journal of Islamic Economic and Business, 02(01), 26.

Febriyana, D., Arwin, A., & Yuliana, Y. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA DI SEMPOA SIP ASIA MEGA MAS MEDAN. Seminar Nasional 2022 - NBM Arts. http://103.154.135.70/handle/123456789/7040

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayah, R. T., & Utami, E. M. (2018). E-Service Quality and E-Recovery Service Quality on E-Satisfaction Lazada.com. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 8(2), 257–274. https://doi.org/doi.org/10.21009/JRMSI.008.2.05

Irawan, I., Yuliana, Y., Arwin, A., & Jovando, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di IEC, Medan. INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(3), 332–339. https://doi.org/10.55123/insologi.v1i3.411

Iskandar. (2018). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). GP Press.

Lestari, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Larissa Aesthetic Center Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2).

Martono, M., Arwin, A., Yuliana, Y., Lisa, L., & Hutabarat, F. A. M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus pada Pengangkutan TS Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 411–415. http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/article/view/609

Masili, V., Lumanauw, B., & Tielung, M. V. J. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Usaha Toko Bahan Bangunan Mentari di Desa SEA Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 44–55.

Matantu, R. N., Tampi, D. L., & Mangindaan, J. V. (2020). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Gran Puri Manado. 1(4).

Nissa, A. F. (2019). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabag di BRI Syariah Ponorogo.

Pratama, R., & Andreani, F. (2022). MELALUI KEPUASAN KONSUMEN DI TOKO FAJAR TERBIT BANJARMASIN. AGORA, 10(2).

Putri, P., Yuliana, Y., & Arwin, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CHING QING VEGE HOUSE, MEDAN. ESCAF, 1(1), 1137–1142. https://semnas.univbinainsan.ac.id/index.php/escaf/article/view/140

Setyawati, Y., Arwin, A., Yuliana, Y., Williny, W., & Anggia, A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pada Karibia Boutique Hotel Medan. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 126–132. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.401

Setyorini, A. R. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KESADARAN MEREK TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIATOR (STUDI PADA KONSUMEN GELAEL SUPERMARKET MALL CIPUTRA SEMARANG). Universitas Diponegoro.

Silaen, S. (2018). Metode Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Media.

Sinambela, E. A., & Lestari, U. P. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 178–190.

Sugiharto, S., & Wijaya, R. A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi di Kafe One Eighteenth, Siwalankerto - Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1).

Thalib, S., & Harimurti. (2021). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA JASA PENGIRIMAN JNE. Jurnal Riset Bisnis, 5(1).

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa. CV. Andi Offset.

Willianson, K., Yuliana, Y., Arwin, A., Lan, W. P., & Hutabarat, F. A. M. (2021). Strategi Pemasaran di Cendana Homestay Medan. Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi-SANISTEK, 216–221. https://www.prosiding.politeknikcendana.ac.id/index.php/sanistek/article/view/60

Diterbitkan

2023-11-30