Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan di Perusahaan Angaksa Perabot
Kata Kunci:
kualitas produk, kepuasan pelanggan, display produkAbstrak
Dalam penelitian ini, penulis ingin mengidentifikasi masalah tentang Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan di Perusahaan Angkasa Perabot. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di Perusahaan Angkasa Perabot. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan adalah pelanggan yang sudah pernah membeli dan menggunakan sendiri produk furniture dalam setahun terakhir pada Perusahaan Angkasa Perabot yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 55% dan sisanya sebesar 45% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Setiap meningkatnya 1 satuan kualitas produk maka akan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 0,355 satuan kualitas produk. Dari hasil uji f yang dilakukan, terdapat nilai P-Value di bawah 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti adanya pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di Perusahaan Angkasa Perabot. Adapun saran yang diberikan kepada perusahaan berupa display yang mempunyai nilai estetika yang tinggi akan mendorong perhatian dan minat konsumen dalam Perusahaan Angkasa Perabot.
Referensi
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka cipta.
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi), Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Astuti, Matondang. (2020). Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: CV Budi Utama.
Atmadjati, Arista. (2018). Layanan Prima dalam Praktik Saat Ini, Yogyakarta: Deepublish.
Bida, Maryati. (2020). Pengaruh Lingkungan, Pendidikan Kewirausahaan Dan Penggunaan E-Commerce Pada Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa Feb Upi Yai, Jakarta: Fakutas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Persada Indonesia YAI.
Ely, Badrus Suryadi. (2019). Penataan Produk, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Semarang: Universitas Diponegoro.
Hartanto, Andreani. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Lingkungan Fisik terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi di De Mandailing Cafe Surabaya, Surabaya: Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra.
Jaka, A. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, Vol 2, No. 1, April 2018.
Kotler, Philip. (2018). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Erlangga.
Maramis, Sepang dan Soegoto. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Air Manado. Jurnal EMBA Vol.6 No.3. Hal.1658 - 1667, https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/20411
Priharto, S. (2020). Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Bagi Bisnis. Accurate. https://accurate.id/marketingmanajemen/indikator-kepuasan-pelanggan
Puspitasari, A. N., & Ferdinand, A. T. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Mendorong Minat Beli Ulang (Studi pada Pengguna Nokia di Semarang), Semarang.
http://eprints.undip.ac.id/29487/1/analisis_pengaruh_kualitas_produk_dan_kualitas_pelayanan.pdf
Ririn, Rosyidi. (2020). Monograf Pengendalian Kualitas, Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.
Rusmawan. (2018). Pengaruh Atribut Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Kota Pariaman di Toko Online Shopee. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 1(2).
Sinulingga, H. S. (2021). Perilaku Konsumen, Deliserdang: IOCS Publisher.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sujarweni. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan Edisi 1, Yogyakarta: Andy.