Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Cendana, Medan)

Penulis

  • Clarence Nayuta Aulia Politeknik Cendana
  • Arie Candra Politeknik Cendana
  • Yuliana Yuliana Politeknik Cendana

Kata Kunci:

citra merek, keputusan pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone (Studi kasus mahasiswa Politeknik Cendana, Medan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai oleh penulis adalah menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Politeknik Cendana angkatan 2019-2021 yang berjumlah 75 orang. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, sedangkan pengeolahan data menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan perhitungan melalui SPSS ternyata diperoleh hasil kolerasi dari citra merek dan keputusan pembelian sebesar 0,254 yang memberikan indikasi bahwa variabel citra merek dan keputusan pembelianm terdapat hubungan yang positif. Dari perhitungan analisis regresi maka diperoleh persamaan regresi diperoleh hasil Y = 18.725 + 0,238X. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian terhadap Mahasiswa Politeknik Cendana, Medan Angkatan 2019-2021.

Referensi

Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 96–104. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6688

Angkasa, W. C., Nugroho, N., Hutabarat, F. A. M., Supriyanto, S., & Arwin, A. (2021). Iklan Media Instagram Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Xiaomi di Kota Medan. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 2(2), 55–59. http://djournals.com/arbitrase/article/view/286

Ary Dwi Anjarini, Aria Mulyapradana, Aria Elshifa, & Khafidzin. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Madu Pada Umkm Jamaluddin. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(3), 66–77. https://doi.org/10.55606/jimek.v1i3.154

Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. JBMA (Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi), V(1), 61–75.

Delvika, Y. (2021). Analisis Kualitas Produk Rumah Tangga Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada PT. ABC. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Prima (JURITI PRIMA), 4(1). https://doi.org/10.34012/juritiprima.v4i1.1678

Dzulkharnain, E. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Sophie Martin di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal QTISHADequity, 1(2).

Evelyn, J., Arwin, A., & Yuliana, Y. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CV OMAMA OPAPA FOOD INDUSTRY. Seminar Nasional 2022 - NBM Arts. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7046

Manik, C. D. (2021). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT.ASTRA INTERNATIONAL, Tbk TOYOTA AUTO 2000 BUMI SERPONG DAMAI. Niagawan, 10(1), 36. https://doi.org/10.24114/niaga.v10i1.20179

Nur Aulia Agustina, Seno Sumowo, B. W. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Ipteks, 3(2), 1–11.

Pratikno, A. S., Prastiwi, A. A., & Rahmawati, S. (2020). Penyajian Data, Variasi Data, dan Jenis Data. OSF Preprints, 25(03), 1–4.

Priyatno, D. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Mediakom.

Putri, D. M., Arafat, Y., & Aradea, R. (2021). Analisis Aspek Permodalan Koperasi Karyawan Bank Mandiri Wilayah II Palembang. Journal of Education Research, 2(2), 74–81. https://doi.org/10.37985/jer.v2i2.50

Ramadoni, W. (2020). Pengaruh Promosi Ovo Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Pada Pengguna Ovo. Ecopreneur.12, 3(1). https://doi.org/10.51804/econ12.v3i1.673

Sanny, B. I., & Dewi, R. K. (2020). Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017. Jurnal E-Bis (Ekonomi Bisnis), 4(1), 78–87.

Siregar, S. (2017). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018a). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018b). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018c). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sylfia, D., & Kurnianingsih, H. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Alat Rumah Tangga. Jurnal Ekobis Dewantara, 5(2), 180–188.

Tanaka, F., Arwin, A., & Yuliana, Y. (2022). Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Pembelian Suku Cadang di UD Fit Motor Medan. BISMA Cendekia, 3(1), 1–5. https://www.ojs.politeknikcendana.ac.id/index.php/bisma/article/view/82

Diterbitkan

2023-10-30