SAINTEKS 2023 Santri Mandiri Best Practice Pondok Modern Gontor Putri

Penulis

  • Nurmashani Mustafidah Universitas Dinamika Bangsa

Kata Kunci:

Best Practice, Karakter Mandiri, Pondok Modern Gontor

Abstrak

 

Abstrak - Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui best practice dari konsep karakter santriwati Perpektif Pimpinan Pondok gontor putri mantingan Ngawi dan proses dari pembelajarannya.Pesantren  didirikan dengan tujuan menciptakan  dan mengembangkan  kepribadian  muslim  yaitu  kepribadian  yang  beriman  dan bertakwa kepada Tuhan, berakhlak mulia, bermanfaat dan berhidmat kepada masyarakat,  mampu  berdiri  sendiri  atau  mandiri,  bebas  dan  teguh  dalam kepribadian, menyebarkan agama dan menegakkan Islam dan kejayaan umat, dan mencintai ilmu dalam rangka mengembangkan kepribadian Indonesia, Riset yang dipilih  adalah  penelitian  kualitatif.  Penentuan  pendekatan ini dilandasi dengan adamya kebutuhan akan pemberitahuan ataupun penerangan yang deskriptif, yaitu yang mempunyai bentuk penjabaran rancangan atau ide dalam suatu dokumen, informasi berbentuk cerita dari narasuinber terpilih, dan  keinginan  mendapat  data  atau pernyataan-pernyataan dari 'dalam' (perspektif emik). Kemandirian merupakan ruh yang menjiwai PM Gontor Putri sekaligus sebagai outcomes; kemndirian institusional (pondok) meliputi aspek pendidikan, aspek financial, dan aspek politik, sedangkan kemandirian personal (santriwati) meliputi kemandirian intelektual (berfikir), kemandirian behavioral

Referensi

Angga, S. I. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5296–5300.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Fajar Rahayuningsih. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Hakim, A., & Herlina, N. H. (2018). Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 111. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.157

Irsad, M. (2016). Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia Perspektif Azyumardi Azra. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 149–159. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/449

Lin, C. H., Zhang, Y., & Zheng, B. (2017). The roles of learning strategies and motivation in online language learning: A structural equation modeling analysis. Computers and Education, 113, 75–85. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.05.014

Matthew B, M. A. M. H. (1994). Qualitative Data Analysis. In CEUR Workshop Proceedings (Vol. 1304). Sage. https://vivauniversity.files.wordpress.com/2013/11/milesandhuberman1994.pdf

Nugraheni, Y. T., & Firmansyah, A. (2021). Model Pengembangan Pendidikan Karakter di Pesantren Khalaf (Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta). Quality, 9(1), 39. https://doi.org/10.21043/quality.v9i1.9887

Priyatna, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Kulliyatul Mu’Allimin Al-Islamiyah (Kmi) Di Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah Bandung. Edukasi Islami?: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 22. https://doi.org/10.30868/ei.v6i11.93

Supriyanto, E. E. (2020). Kontribusi Pendidikan Pesantren Bagi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 13–26.

Susandi, A. (2020). Pendidikan Life Skills Dalam Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Di Sekolah Dasar. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 95–111. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3867

Susandi, A., Mas’ula, S., Setiawan, B., Dirgayunita, A., & Fadilah, Y. (2022). Eksistensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Volume, 31(1), 49–57.

Syamsuar, & Reflianto. (2019). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0, 6(2), 1–13.

Thohiroh, H., Novianti, L. E., & Yudiana, W. (2019). Peranan Persepsi Dukungan Sosial terhadap Kesejahteraan Subjektif di Sekolah pada Siswa Pondok Pesantren Modern. Psympathic?: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 131–144. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.5323

Wahyu Fitrina Defi. (2020). Manajemen Karakter Peserta Didik Pesantren di Era Pandemi (Studi Kasus Smp Pesantren Modern Terpadu Prof. Dr. Hamka II Padang). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:

Winda, C., Rizal, A. S., & Afriatin, T. S. (2017). Implementasi Manajemen Pendidikan Islam Di Sma Islam Terpadu Miftahul Khoir. Tarbawy, 4(2), 165.

Diterbitkan

2023-11-30