Inovasi dan Strategi Pemasaran Produk Indibiz di PT. Telkom Indonesia

Penulis

  • Errlinda Linda UIN Raden Fatah Palembang
  • Imamulhakim Syahid Putra Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Kata Kunci:

Inovasi Produk; Strategi Pemasaran Produk; IndiBiz; PT.Telkom Indonesia; Teknologi;

Abstrak

penelitian ini membahas tentang inovasi dan strategi pemasaran produk IndiBiz di PT. Telkom Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana PT. Telkom Indonesia menggunakan inovasi dalam strategi pemasaran produk IndiBiz untuk mensosialisasikan produk tersebut di kalangan UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian studi ini dilakukan dengan menggabungkan data sekunder melalui survei dan analisis dokumen terkait. Pada bagian inovasi, laporan ini mengidentifikasi fitur-fitur inovatif yang dimiliki oleh produk IndiBiz dan menyelidiki bagaimana inovasi ini membedakan produk tersebut dari pesaing di industri telekomunikasi. Selain itu, juga dianalisis bagaimana PT. Telkom Indonesia berhasil mengadaptasi inovasi teknologi terkini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan memperluas pangsa pasar. Dalam konteks strategi pemasaran, laporan ini mengulas berbagai langkah yang diambil oleh PT Telkom Indonesia dalam memasarkan produk IndiBiz, termasuk pemanfaatan pemasaran digital, kampanye iklan kreatif, dan pendekatan lainnya. Dengan menggunakan data yang relevan, analisis dilakukan untuk menilai efektivitas strategi pemasaran yang diadopsi dalam mencapai tujuan bisnis dan meningkatkan penjualan produk IndiBiz. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk dan strategi pemasaran yang berfokus pada kebutuhan pelanggan telah memberikan dampak positif terhadap daya saing produk IndiBiz di pasar. Di tengah persaingan industri yang ketat, inovasi yang cerdas dan strategi pemasaran yang efektif menjadi pendorong utama dalam mencapai keunggulan kompetitif bagi PT Telkom Indonesia.Namun, laporan ini juga menyoroti beberapa tantangan yang dihadapi perusahaan dalam mengimplementasikan strategi pemasaran inovatif ini. Oleh karena itu, penelitian ini juga memberikan beberapa saran untuk mempertahankan dan meningkatkan posisi kompetitif produk IndiBiz, termasuk pengembangan terus-menerus dalam inovasi produk dan penyesuaian strategi pemasaran sesuai dengan perkembangan pasar. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya inovasi dan strategi pemasaran yang kompetitif dalam mencapai keberhasilan produk di pasar yang kompetitif. Dengan terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis, PT. Telkom Indonesia dapat mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di industri telekomunikasi melalui produk IndiBiz.

Referensi

(TRIANA, 2023)TRIANA, D. (2023). Strategi Pemasaran Content Creator Melalui Pemasangan Iklan Di Media Sosial Instagram Dan Tiktok Pt.Telkom Indonesia. 3–8.

(Ari Kadi et al., 2021)Ari Kadi, D. C., Fauzi, R. U. A., Riziq, K. A., Pamungkas, A., & Rossanto, S. A. R. (2021). Inovasi Strategi Pemasaran Sentra Industri Brem Madiun Dalam Menghadapi Persaingan di Masa Pandemi Covid 19. Indonesia Berdaya, 2(2), 87–95. https://doi.org/10.47679/ib.202161

(Rustianti & Reza, 2022)Rustianti, D. P., & Reza, T. S. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Volume Penjualan Produk Wifi.Id Di Pt. Telkom Indonesia Wilayah Jakarta Pusat. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(2), 193–207.

(Karinda et al., 2018)Karinda, M. V. A., Mananeke, L., Roring, F., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome Pt.Telkom Area Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1568–1577.

(Suhendra, 2019)Suhendra, A. R. (2019). Laporan Praktik Kerja Lapangan Pada Plasa Telkom Indonesia Jakarta Timur. http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/7093

(Fabiana Meijon Fadul, 2019)Fabiana Meijon Fadul. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Teh Merek Frestea.

(Setiotirin, 2018)Setiotirin, R. W. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Indihome Melalui Aplikasi Mobile My Indihome (Studi Kasus di Direktorat Konsumer PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk). Idea?: Jurnal Humaniora, 71–83. https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4175

(Aldo Prayoga & Studi Manajemen Bisnis Islam, 2022)Aldo Prayoga, S., & Studi Manajemen Bisnis Islam, P. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK INDIHOME TERHADAP PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Di PT. Telekomunikasi Indonesia Cabang Kedaton Bandar Lampung). 1–62.

(Islam et al., n.d.)Islam, U., Muhammad, K., Islam, U., Muhammad, K., Islam, U., & Muhammad, K. (n.d.). 1 , 2 , 3. 1–10.

Christian, R. 2016. Pengaruh Strategi Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna BPJS di RSUD Sam Ratulangi Tondano. Jurnal EMBA. vol. 4, no. 2. pp. 121-132, available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/media/publications/2873-ID-pengaruh-strategi-promosi-dan-kualitas-layananterhadap-kepuasan-pelanggan-pengguna-bpjs-di-rsud-sam-ratulangi-tondano.pdf. Diakses pada 2 April 2018.

Drucker, P. 1999. Inovasi dan Kewirausahaan, Praktek dan Dasar-Dasar. Edisi Pertama. Cetakan Kedua. Erlangga, Surabaya.

Kotler dan Keller. 2016. Marketing Management. Edisi Keempat belas. Cetakan Pertama. BPFE, Yogyakarta.

Listyarso, A. 2005. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran dan Kinerja Perusahaan Dengan Lingkungan Persaingan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi. vol. 7, no. 5. pp. 1230-1245, available at: https://media.neliti.com/media/publications/2873-ID-pengaruh-strategi-pemasaran-terhadapkinerja-pemasaran-dan-kinerja-perusahaan-dengan-lingkungan-persaingan-sebagai-variabelmoderating.pdf. Diakses pada 2 April 2018.

Rumengan, A. 2015. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Strategi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Cabang Manado. Jurnal EMBA. vol. 3, no. 2. pp. 684-694, available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/media/publications/2873-ID-pengaruh-citra-merek-kualitas-produk-dan-strategi-harga-terhadap-keputusan-pembelian-mobil-daihatsu-ayla-cabang-manado.pdf. Diakses pada 2 April 2018.

Sampurno. 2010. Manajemen Strategik: Menciptakan Keunggulan Bersaing Yang Berkelanjutan. Edisi Pertama. Cetakan Ketiga. BPFE, Yogyakarta.

Telkom. https://www.telkom.co.id/servlet/tk/about/id_ID/stocklanding/profil-danriwayat-singkat.html. 2018.

Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Diterbitkan

2023-11-30